Posisi Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil

Menjadi ibu hamil tentunya memiliki tantangan tersendiri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mulai dari perut yang semakin membesar, perubahan hormon secara mendadak, sakit pinggang akibat berat badan yang naik saat hamil, keinginan membuang air kecil yang berlebih dan juga menemukan posisi tidur ibu hamil yang tepat. Beberapa ibu hamil juga mengalami stress karena kecemasan mengenai kesehatan bayi, kekhawatiran menjadi seorang ibu atau merasa gugup terhadap persalinan. Semua hal tersebut sangatlah wajar namun dapat membuat Sahabat dan pasangan menjadi susah untuk tidur di malam hari.

posisi tidur ibu hamil
Mengapa Tidur itu Penting Bagi Ibu Hamil?

Menurut komunitas kehamilan dan parenting, What to Expect, tidur yang berkualitas sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk menunjang perkembangan janin agar tetap sehat. Kurang tidur dapat membuat ibu hamil merasa kurang bertenaga dan lelah dalam menjalani aktivitas mulai dari pagi hingga sore hari. Padahal, tidur memiliki peran dalam hal memori, nafsu makan, suasana hati dan pengambilan keputusan yang tepat. Hal ini tentunya sangat penting untuk menyambut kelahiran sang buah hati.

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Disarankan

Di awal kehamilan, coba untuk biasakan tidur miring ke kiri. Posisi ini disarankan karena dapat meningkatkan aliran darah ke plasenta sehingga janin dapat memperoleh aliran darah dengan optimal. Tidur miring ke kiri juga dapat mencegah rahim untuk menekan organ hati yang terletak di bagian kanan perut. Berikut beberapa posisi untuk membuat ibu hamil lebih nyaman saat tidur:

  1. Letakkan bantal di bagian bawah perut atau di pertengahan kaki
  2. Posisikan bantal di bagian bawah punggung untuk membantu mengurangi keluhan sesak napas
  3. Tumpuk beberapa bantal untuk membuat posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini berguna untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan
Sleep Hygiene untuk Ibu Hamil

Selain menemukan posisi tidur yang tepat, Sahabat juga bisa menerapkan Sleep Hygiene. Sleep hygiene adalah sebuah kebiasaan yang baik dan dapat membantu Sahabat tidur dengan lebih nyenyak. Berikut tips melakukan Sleep Hygiene yang dapat membantu tidurmu menjadi lebih nyenyak:

  1. Buat jadwal tidur yang konsisten agar tidak mengganggu tidur pada malam hari.
  2. Baca buku, mandi, atau nikmati aktivitas menenangkan lainnya sebelum tidur
  3. Hindari kafein dan kurangi makanan pedas
  4. Hindari menggunakan gadget saat mendekati waktu tidur.
  5. Tuliskan pikiran di jurnal atau cari bantuan dari pasangan, teman, dokter jika merasa stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu