Susah Tidur? Yuk Kenali Sleep Hygiene untuk Bantu Tidur Lelap

Permasalahan tidur yang sering terjadi seperti insomnia, biasanya timbul karena kebiasaan tidur yang buruk. Tidak memiliki jam tidur yang tepat, penggunaan gadget yang berlebihan, atau konsumsi minuman tertentu yang membuat susah terlelap. Kebiasaan ini bisa diubah meskipun butuh proses yang cukup lama. Salah satunya dengan cara penerapan Sleep Hygiene.

Menurut situs BetterHealth, Sleep Hygiene merupakan sebuah kebiasaan yang baik dan membantu Sahabat tidur dengan lebih nyenyak. Sahabat bisa meningkatkan kualitas tidur dengan beberapa penyesuaian kecil pada gaya hidup yang perlu dijalankan dengan konsisten. Terdapat beberapa gaya hidup yang bisa mulai dilakukan secara bertahap oleh Sahabat. Yang pertama dimulai dari kebiasaan jam tidur tubuh.

Mengatur Jam Tidur 

Jam tidur tubuh yang bergantian dikendalikan oleh ‘jam’ internal di dalam otak. Sebagian besar proses tubuh (seperti suhu dan kondisi otak) disinkronkan dengan jam fisiologis 24 jam ini. Yang perlu dilakukan adalah bangun pada waktu yang sama setiap hari. Rutinitas ketat ini segera akan membantu ‘mengatur’ jam tubuh dan Sahabat akan merasa mengantuk pada waktu yang hampir sama setiap malam. Dapatkan sinar matahari pagi yang cukup. Paparan cahaya selama jam bangun pagi membantu mengatur jam tubuhmu.

Sleep Hygiene
Membangun Lingkungan Yang Nyaman

Selanjutnya Sahabat bisa mulai membangun lingkungan yang nyaman untuk tidur, menggunakan kasur yang sesuai, menjaga kebersihan, dan udara tetap bersih di dalam kamar. Hindari penggunaan obat tidur, alkohol, rokok. Banyak yang beranggapan bahwa cara ini bisa bantu tidur jadi lebih nyenyak, tapi faktanya konsumsi obat tidur, alkohol, dan rokok akan merusak tubuh dan justru meningkatkan denyut jantung yang membuat kita susah terlelap.

Buat Pikiran Anda Rileks

Langkah terakhir yang bisa bantu tidur menjadi lebih baik adalah membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan santai. Ketika Sahabat adalah seorang yang mudah merasa cemas, beri waktu untuk rasa cemas anda ini selama 30 menit dan kemudian melakukan relaksasi. Dengan relaksasi Sahabat dapat secara sadar merilekskan setiap bagian tubuh, mulai dari jari kaki hingga ke kulit kepala. Sahabat juga bisa memikirkan adegan yang menenangkan, berkonsentrasi pada naik turunnya ritme pernapasan, atau fokus pada mantra (mengulangi kata atau frasa terus-menerus). Selain itu sahabat juga bisa menyetel musik untuk pengantar tidur juga loh untuk membuat tidurmu lebih nyenyak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Menu
Open chat