5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Yang Efektif

Dalam hidup, tentunya banyak hal yang ingin kita lakukan. Biasanya di awal tahun baru kita sibuk menyusun tujuan atau biasa disebut dengan “resolusi tahun baru” dengan harapan kita bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Secara alamiah, memang manusia sering mendapat inspirasi untuk memulai perbaikan diri di tahun baru, hal ini biasa disebut dengan fenomena efek awal yang baru.

Resolusi tahun baru ini bisa untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Namun, untuk mencapai resolusi tidaklah mudah dan  penuh rintangan. Maka dari itu, yuk simak 5 tips untuk membuat resolusi tahun baru yang efektif dan mudah dilakukan.

Menetapkan Tujuan yang Sederhana

Pikirkan sesuatu yang ingin Sahabat lakukan atau usahakan di tahun 2023. Buat tujuan yang membuat Sahabat senang saat menjalankan resolusi tersebut. Resolusi bisa berupa tujuan yang kecil ataupun besar, namun pastikan bahwa tujuan resolusi tersebut adalah untuk diri sendiri, bukan untuk menyenangkan orang lain. Lebih baik buat tujuan yang sederhana tetapi bisa dicapai daripada membuat tujuan yang besar namun akhirnya tidak tercapai karena terlalu berat/besar untuk dilakukan.

Miliki Alasan yang Tepat

Pastikan setiap tujuan yang Sahabat buat memiliki alasan dasar yang tepat dan kuat. Alasan yang salah bisa membuat kita tidak memiliki motivasi dan resolusi menjadi gagal tercapai. Misalnya, Sahabat menulis rutin berolahraga dengan alasan untuk memiliki badan yang sehat. Sahabat perlu mempunyai alasan yang tepat untuk memotivasi Sahabat dalam mencapai resolusi tersebut.

Menentukan Skala Prioritas

Tetapkan skala prioritas karena tidak semua tujuan setara tingkat kepentingannya. Misalnya dalam tahun ini membuat resolusi dengan lebih fokus kesehatan di prioritas utama, setelah itu ada pencapaian akademik, atau relasi keluarga. Skala prioritas ini dapat membantu Sahabat untuk mendahulukan tujuan utama Sahabat dari tujuan yang lainnya. Sahabat bisa menyesuaikan skala prioritas ini berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Sharing Resolusimu dengan Support System

Menceritakan resolusi kepada orang terdekat bisa berperan penting untuk mencapai tujuan Sahabat. Orang terdekat dapat memotivasi Sahabat dan memberikan kita saran untuk terus mencapai tujuan.

Tetapkan Konsekuensi apabila Gagal Dilakukan

Berhasil atau gagalnya sebuah tujuan bergantung pada diri kita sendiri. Jika Sahabat sudah menetapkan tujuan dan alasan yang tepat, miliki komitmen untuk menjalankan konsekuensi apabila Sahabat tidak mengikuti langkah yang sudah ditetapkan. Contohnya seperti Anda harus menyumbang sebesar Rp50.000 ke yayasan donasi jika minum air kurang dari 2 liter dalam 1 hari. Tentunya hal ini terasa berat, namun niscaya dapat membantu untuk terus konsisten mengerjakan resolusi tahunan Sahabat.

Demikian 5 tips membuat resolusi yang efektif ala American Pillo. Jika Sahabat punya tips lainnya, bisa share di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu