Kurang air putih tak hanya sebabkan dehidrasi loh!

Kegiatan yang padat seharian kadang buat kamu sendiri lupa untuk sekedar berolahraga ringan atau hanya sekedar meneguk air putih. Padahal minum banyak air putih wajib hukumnya hingga 8 gelas sehari untuk kesehatan tubuh, tapi hal ini justru sering diabaikan oleh masyarakat urban. Banyak resiko yang mengancam ketika kamu kurang air putih. Salah satunya gangguan ginjal, dehidrasi, sering pusing hingga susah tidur. Kamu pasti tidak menyangkakan siklus tidurmu yang berantakan bisa berasal dari air putih?

Sebuah penelitian baru-baru ini melakukan penelitian, dan mengatakan bila jumlah asupan air berkaitan dengan tidur malam yang cukup. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di Penn State University, Pennsylvania, orang-orang yang tidur selama enam jam semalam secara signifikan memiliki lebih banyak urine dan lebih mungkin mengalami dehidrasi dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam semalam secara teratur. 

Para peneliti juga menyimpulkan hubungan antara kualitas tidur dan hidrasi memengaruhi hormon di dalam tubuh yang disebut vasopressin. “Vasopresin dilepaskan lebih cepat saat seseorang kurang tidur. Bila seseorang bangun lebih awal dari seharusnya, maka dirinya mungkin kehilangan banyak hormon yang menyebabkan gangguan dalam hidrasi tubuh,” ujar pemimpin penulis penelitian, Asher Rosinger. Jadi semakin sadarkan manfaat air putih untuk tubuh, hingga pengaruhnya untuk siklus tidur kita, yuk lebih sering minum air putih! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat