Tidur memang menjadi salah satu kebutuhan setiap orang, tetapi tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan saat menjelang tidur yang diakibatkan hal mulai dari bising yang mengganggu hingga insomnia yang melanda. Dengan minum segelas susu hangat sebelum tidur, akan membantu tidurmu menjadi lebih nyenyak. Selain susu yang Anda kombinasikan untuk tidur di Kasur Kesehatan Terbaik dari American Pillo, ternyata banyak juga minuman lainnya yang mampu membuat tidur lebih nyenyak, diantaranya seperti minuman Seral Gandum, Teh hijau tanpa kafein, Air kelapa murni, Smoothie pisang, dan Jus ceri.

Lalu kenapa segelas susu hangat bisa berkontribusi dalam berbagai faktor untuk membuat seseorang jadi mengantuk ? Yaa manfaat meminum segelas susu hangat  di malam hari  ini melibatkan faktor psikologis dan juga fisiologis.

Secara teori para ahli berspekulasi bahwa triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi mengantuk akibat melatonin yang dilepaskan. Tapi Dr. Timothy Morgenthaler ahli tidur dari Mayo Cllinic menjelaskan bahwa jumlah triptofan dalam susu belum cukup untuk menginduksi rasa kantuk.

Menurut para ahli rasa kantuk yang dihasilnya dari segelas susu hangat lebih terkait dengan efek psikologis. Dan susu juga sangat identik dengan seorang ibu, karena kebanuakan orang akan mengingat pengalaman yang menyenangkan mengenai ibunya.  Perasaan nyaman dan kenangan yang ada juga bisa menginduksi bahan kimia ini adalah serotonin yang terkait dengan tidur.

Selain beberapa hal diatas faktor lain yang sangat mempengaruhi adalah susu bisa menghangatkan tubuh, kondisi tubuh yang hangat juga dapat membuat otot menjadi lebih rileks dan memperlambat respons. Nah perlambatan respon inilah yang memicu rasa kantuk  dan ingin tidur.  Susu juga dapat  menciptakan rasa lega dan akan mengurangi rasa tidak nyaman di perut atau lambung, dan hal ini sama halnya dengan bayi yang bisa tertidur pulas ketika selesai menyusui.

Jika Anda alergi dengan susum, Anda bisa menggantinya dengan makanan dan nutrisi lain yang juga diketahui yang juga bisa menginduksi rasa kantuk dan membantu orang untuk tertidur seperti pisang,  tehh chamomile, oatmeal, dan juga madu. Hal ini dikarenakan jumlah tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh  untuk merecharge energi dan memberikan kesempatan untuk otak beristirahat dan menata kembali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Susu, Minuman Sehat Untuk Tidur Lebih Nyenyak. Semoga dapat bermanfaan untuk Anda yang membaca artikel ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu