Say Bye untuk Alarmmu!

Siapa disini yang suka sebel sama bunyi alarm pas pagi-pagi? Pasti dilema jugakan kalau ga pakai alarm takut ga bisa bangun pagi, tapi kalau pakai alarm kadang kita bangun kepala terasa pusing. Sebenarnya ada cara yang bisa bantu kamu, supaya bisa bangun secara alami tanpa bantuan alarm yang berisik. Cara ini disebut dengan siklus sirkadian, siklus ini jika dijalankan konsisten terus menerus bisa bantu kamu terbangun tanpa alarm.

Siklus sirkadian atau biasa dikenal dengan Ritme sirkadian, terjadi dalam tubuh dan bekerja untuk memastikan semua fungsi dan proses tubuh berjalan maksimal selama 24 jam. Pada manusia, ritme ini mengkoordinasikan sistem mental dan fisik di seluruh tubuh. Cara kerja ritme ini dimulai dari sel-sel otak yang merespon isyarat lingkungan, yakni gelap dan terang. Respon tersebut ditangkap oleh mata yang kemudian dikirimkan dalam bentuk sinyal ke sel-sel tubuh sebagai isyarat kapan waktunya kita terbangun dan tidur.

Sel-sel tersebut kemudian mengirimkan lebih banyak sinyal ke bagian lain di otak yang mengaktifkan fungsi lain yang membuat kita lebih lelah atau waspada. Hormon juga berperan dalam ritme ini. Misalnya, melatonin dan kortisol yang dapat meningkat atau menurun sebagai bagian dari ritme sirkadian. Melatonin adalah hormon yang membuat kita mengantuk, dan tubuh akan melepaskan lebih banyak di malam hari dan meminimalisirnya di siang hari.

Ritme sirkadian ini akan berjalan dengan sempurna dan akan membuat sistem dalam tubuh, jika kamu mengulangi kebiasaan yang sama secara berulang. Misalnya saja kamu konsisten untuk tidur pukul 10 malam, maka ritme sirkadian akan membaca aktivitasmu untuk tidur pukul 10 malam dan mulai melepaskan  melatonin pada jam 10 malam. Begitu pula dengan bangun pagi, jika kamu konsisten bangun pukul 6 pagi tubuhmu akan otomatis terbangun di jam 6 pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Menu
Open chat