Tidur bukan cuma sekedar rutinitas saja, tapi juga dapat bermanfaat untuk organ dalam manusia. Secara umum manusia dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam perhari untuk tidur. Selain kuantitas, kualitas tidur juga perlu Anda perhatikan. Tidur juga harus nyenyak dan nyaman agar Anda bisa merasakan manfaatnya secara optimal, dan tidur yang nyenyak bisa Anda rasakan diatas Kasur Kesehatan American Pillo.  Pola tidur yang buruk berhubungan dengan kesehatan yang buruk pula, dan kurang tidur yang kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, obesitas,depresi, produksi hormon tidak teratur, system kekebalan tubuh yang lemah, penurunan memori, mudah marah dan penurunan konsentrasi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur untuk organ dalam manusia saat tidur :

1.Otak
Meskipun tampak pasif, tidak aktif dan aktivitas otak turun sekitar 40%, tetapi otak tretap sangat aktif selama Anda tidur. Dan tidur malam yang khas terdiri dari lima siklus tidur yang berbeda dan masing-masing berlangsung sekitar 90 menit.  Empat tahap pertama setiap siklus dianggap sebagai tidur yang tenang atau non-rapid eye move-ment (NREM). Tahap terakhir di sebut dengan gerakan mata cepat atau rapid eye movement (REM)

Selama tahap pertama dari tidur ada gelombang otak undulations kecil. Dan selama tahap kedua ini diselingi dengan sinyal listrik yang di sebut dengan sleep spindles , yaitu semburan kecil dari aktivitas yang berlangsung beberapa detik dan membuat keadaan tenang.

Tidur REM adalah tingkat tertinggi aktivitas otak. Tahapan ini biasanya berhubungan dengan mimpi yang di picu oleh pons, yaitu bagian dari batang otak yang mengirimkan impuls saraf antara sumsum tulang belakang dan otak.

2.Mata
Saat itu mata memang tertutup tapi tetap bisa bergerak. Gerakan mata tersebut menunjukan perbedaan pada tahapan tidur , gerakan tidur yang paling cepat terjadi pada saat tidur REM (rapid eye movement).

3.Hormon
Selama Anda tertidur, tubuh akan membakar oksigen dan makanan untuk menyediakan energi. Kondisi seperti ini disebut dengan tingkat katabolic yang didominasi dengan rangsangan hormone adrenalin dan kortisteroid. Dan saat Anda tidur hormone juga akan berpindah pada tahap anabolic, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan.

4.Sistem Kekebalan
Saat Anda tidur maka akan terjadi peningkatan produksi system kekebalan tubuh dan protein tertentu, dan berguna juga untuk agen tertentu yang memerangi penyakit. Pembuluh kanker yang disebut dengan TNF (tumour necrosis factor) yang di pompa melalui pembuluh darah saat Anda tertidur.

6.Kulit
Selama Anda tidur dengan nyenyak maka tingkat metabolism kulit juga akan dipercepat dan bnyak sel-sel tubuh yang menunjukan peningkatan produksi dan mengurangi protein. Nah hal inilah yang menyebabkan tidur malam dengan cukup akan mempercantik kulit.

7.Suhu Tubuh
Saat malam hari maka suhu tubuh bersamaan dengan adrenalin mulai turun. Berkeringat mungkin hal ini terjadi sebagai usaha tubuh untuk mencoba memerangi kehilangan panas.

8.Mulut
Air liur juga diperlukan untuk melumasi mulut dan untuk makan. Tapi saat Anda tertidur aliran saliva berkurang sehingga menyebabkan mulut menjadi kering saat pagi hari. Dan terkadang mulut bisa sangat aktif bergerak selama tidur yang menyebabkan orang secara tidak sadar mengertakkan gigi pada saat tidur.

9.Pernapasan
Disaat Anda tertidur maka otot tenggorokan kan rileks sehingga tenggorokan akan semakin sempit setiap kali menghirup udara. Mendekur terjadi ketika tenggorokan menyempit dan bagian dari saluran udara bergerak.

10.Otot
Meskipun orang dapat mengubah posisi tidur sekitar 35 kali dalam semalam, otot – otot tubuh tetap rileks. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi jaringan untuk memperbaiki dan kembali di pulihkan.

Nah itulah beberapa besarnya manfaat tidur untuk organ dalam tubuh manusia. Dan mulailah untuk tidur malam yang cukup dan berkualitas, dan jangan ada lagi alasan untuk Anda yang hobi begadang untuk meremehkannya dengan alasan apapun. Semoga artikel ini dapat bermanfat untuk Anda yang membacanya.  

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu