Hal seru yang bisa kamu lakukan di hari pahlawan, meskipun di rumah saja!

Kapan terakhir kali kamu merayakan hari pahlawan? Pasti sudah lama sekali, dan apa yang kamu lakukan saat hari pahlawan? Jangan sampai kita mengabaikan hari pahlawan ya Sahabat, karena Bung Karno pernah menyampaikan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Bagaimana kita mau jadi bangsa yang besar jika jasa pahlawan saja kita lupakan?

Berikut tini hal yang bisa kamu lakukan untuk mengenang jasa pahlawan, tapi jangan lupa untuk tetap jaga protokol kesehatan ya. Beberapa kegiatan juga bisa loh dilakukan dirumah saja, supaya lebih aman dan tidak bosan. Jadi makin tidak sabar kan, menunggu hari pahlawan datang. Kegiatannya antara lain:

1. Bermain Flash card dengan nama dan tokoh-tokoh pahlawan

Flash card tidak hanya untuk anak kecil, orang dewasa dan remaja pun bisa bermain dengan tingkat kesusahan tertentu. Dijamin deh jika flash card yang biasanya menggunakan foto buah dan sayur, coba diganti dengan foto-foto atau nama pahlawan. Pasti jadi lebih menantang dan mengasah otak.

2. Melakukan Teatrikal dengan keluarga

Bercerita secara langsung terkadang akan membuat anak lebih memahami makna kemerdekaan, dan bagaimana pahlawan berjuang agar Indonesia merdeka. Melakukan adegan ulang kemerdekaan bisa jadi salah satu cara menyenangkan untuk memperingati hari pahlawan bersama keluarga. Tidak perlu menggunakan pakaianan yang berlebihan, cukup dengan kemeja dan celana putih dan berpura-pura membacakan teks proklamasi juga akan terasa menyenangkan dan dapat dikenang untuk tahun-tahun berikutnya.

3. Selalu menjaga kerukunan

Terlihat mudah, tapi juga menjadi tantangan tersendiri untuk zaman sekarang menjaga kerukunan dan kesatuan. Banyaknya pola pikir baru banyaknya pandangan baru bisa saja menimbulkan kesalahpahaman dan menyebabkan perpecahan. Toleransi harus ditanamkan sejak dini, kerukunan harus selalu dijaga, agar perjuangan para pahlawan untuk mengusir penjajah tidak menjadi sia-sia.

Apa rencana Sahabat pada hari pahlawan tahun ini? Meskipun Covid-19 melanda, tidak menjadi alasan untuk mengabaikan hari pahlawan. Cara lebih sederhana di era yang canggih ini kamu bisa meng-upload foto pahlawan, dengan caption yang mengutarakan tentang bagaimana perasaanmu merayakan hari pahlawan di tengah pandemi. Atau Sahabat bisa membagikan artikel ini kepada teman agar punya kegiatan di hari pahlawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat