Gangguan tidur pada usia lanjut dapat bersifat nonpatalogis karena faktor usia, tapi ada pula gangguan tidur yang dipengaruhi oleh kondisi medis.  Sepeti penyakit kronis atau degeneratif (Jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan saraf sendi)  atau bisa juga disebabkan oleh kondisi psikologis seperti stress. Dan hal ini menyebakan keduanya menjadi susah tidur dalam waktu yang sangat pendek. Selain faktor penyakit bisa juga disebabkan oleh kondisi kamar atau tempat tidur yang kurang nyaman,  Anda bisa mendekor kamar kamar tidur untuk manula agar nyaman, tenang dan mengganti kasur dengan Kasur Kesehatan American Pillo. Berikut adalah beberapa tips tidur untuk manula yang bisa Anda terapkan.

Jika Anda ingin memberikan obat tidur pada lansia / manula, sebaiknya jangan sembarangan memberikan obat oral untuk mengantisipasi efek sampingnya. Gunakan resep dokter dengan dosis yang tepat. Dan segera konsultasikan agar tidak menimbulkan efek samping negatif akibat obat yang diberikan.

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi masalah tidur pada manula atau lansia yaitu dengan memberikan terapi yaitu dengan mengganti lampu. Ganti lampu dengan light box, alat ini mempunyai lampu dengan cahaya berwarna biru. Efek teduh dan menenangkan dari lampu yang disimpan didalam kotak dengan timer yang sudah distel akan membantu manula untuk bisa tidur dengan nyenyak. Alat ini juga aman untuk digunakan pada manula yang mempunyai beberapa penyakit tertentu seperti penyakit tekanan darah tinggi, stress atau depresi.

Sebelum menyalakan light box, pasien manula dikondisikan berada dalam ruangan yang gelap utnuk merangsang hormone melatonin yang memang hanya bisa diaktifkan ketika tubuh berada di ruangan yang gelap, setelah merasa cukup lalu pasien manula akan diminta untuk secara rutin untuk menatap light box dengan intensitas cahay sebesar 2,5 wat selama 10 menit. Terapi seperti ini harus di lakukan secara rutin setiap malam dengan pola yang sama. Tetapi terapi seperti ini juga tidak bisa diberikan pada pasien yang sedang minum obat yang diberikan oleh dokter. Biasanya terapi ini juga bisa dilihat hasilnya dalam waktu yang cukup singkat selama 3 hari saja.

Anda juga bisa menggunakan cara yang lainnya, yaitu seperti memberikan aroma terapi dan seperti yang kita ketahui aroma terapi seperti ini mempunyai efek untuk merangsang saraf pada otak untuk kepentingan tertentu.

Sekian beberapa tips tidur untuk manula  yang dapat diberikan, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu