Tips Mengatasi Kesulitan Tidur Selama Masa Kehamilan

Artikel, Tidur
Hampir semua orang di dunia ini membutuhkan tidur, selain bermanfaat untuk menambah kembali energi dalam tubuh tidur juga bisa menjadi senjata ampun dalam menjaga kesehatan tetap terjaga.

Bagi sebagian orang sangat mudah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, namun hal tersebut tidak berlaku bagi ibu hamil. Mengapa?

Ketika usia kehamilan bertambah, maka kesulitan tidur yang nyaman akan menjadi keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti keadaan perut yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan & rasa tidak enak didaerah ulu hati.

Untuk membantu ibu hamil memiliki tidur yang semakin nyaman berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda.

1. Carilah posisi tidur yang nyaman

Faktor terpenting untuk mendapatkan tidur dengan nyaman bagi ibu hamil adalah menemukan posisi tidur yang terbaik untuk anda.

Posisi tidur terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah posisi tidur miring ke sisi kiri anda, hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta.

2. Hindari makanan berat menjelang tidur

Saat hamil, seringkali Anda akan merasa lapar di tengah makam dan berusaha mencari makanan untuk dimakan, akan tetapi hati-hatilah dan sebaiknya pilih makanan sehat agar tidak mengganggu tidur Anda.

Agar tidur bisa nyenyak, cobalah menghindari makan makanan yang berat dan hindari juga makan terlalu kenyang menjelang tidur. Supaya lebih aman, pilihlah makanan yang ringan atau menggantinya dengan segelas susu hangat.

3. Latihan menarik nafas

Latihan menarik nafas dalam yang teratur dapat menolong dan mengurangi ketegangan otot pada Anda serta membantu untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.

Carilah posisi yang nyaman buat anda baik duduk, berdiri ataupun berbaring, lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan lakukan beberapa kali.

Dengan latihan relaksasi tersebut, Anda yang sedang dalam keadaan hamil pun dapat semakin tenang dan mendapatkan kualitas tidur yang semakin nyenyak.

4. Mendengarkan musik

Saat Anda sedang bersiap tidur di spring bed empuk dari American Pillo, tidak ada salahnya untuk sedikit menenangkan pikiran dengan mendengarkan musik klasik.

Dengarkanlah musik yang dapat memberikan ketenangan dan rasa rileks pada anda. Pilihlah musik apapun yang penting dapat memberikan ketenangan buat anda. Dengan merasa tenang dan rileks akan mudah untuk anda untuk tidur lebih nyaman.

Itulah beberapa tips dalam menciptakan tidur yang nyaman dan nyenyak untuk Anda para Ibu hamil. Saat mengandung, pastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas agar bisa membuat kondisi si buah hati dan Anda pribadi menjadi sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu