Nerkolepsi adalah jenis gangguan tidur kronis, yang dapat menyebabkan rasa kantuk berlebihan pada siang hari dan bisa terjadi pada siang hari dan dimana saja. Biasanya penyakit seperti ini sering terjadi saat kerja akibat terlalu lama duduk dan menatap monitor yang terlalu lama. Kondisi  seperti ini juga sering disebut dengan sleep attack atau bisa disebut juga serangan tidur. Nerkolepsi ini diduga disebabkan oleh gangguan pada sistem syaraf pusat yang berada dalam otak manusia yang mengganggu siklus tidur normal pada tubuh manusia. Gejala lain dari nerkolepsi seperti halusinasi, kelumpuhan tidur, dan cataplexy (tiba-tiba kehilangan kontrol otot).

Ada beberapa jenis obat yang dapat membantu dalam mengobati gejala – gejala utama narkolepsi.  Obat yang biasa diresepkan untuk penyakit nerkolepsi ini adalah stimulan, antidepresan, dan natrium oxybate. Selain itu orang yang menderita nerkolepsi juga memerlukan beberapa  cara konseling atau terapi dan obat yang umum digunakan untuk mengobati gejala nerkolepsi ini meliputi :

1.Stimulan
Stimulan adalah modafinil (Provigil), Yaitu dapat digunakan pada siang hari untuk tetap membuat Anda terjaga dan mengurangi tingkat kewaspadaan.

2.Tempat Tidur
Orang yang menderita penyakit nerkolepsi seperti ini tentu harus menggunakan tempat tidur yang nyaman. Dan Anda bisa membeli tempat tidur yang nyaman di toko yang  Jual Kasur Spring Bed. Karena tempat tidur juga memiliki bantalan untuk menopang tubuh Anda yang lelah sehingga baik digunakan untuk pengobatan penyakit seperti ini.

3.Sodium Oxybate
Obat ini adalah jenis obat yang keras dan hanya disarankan untuk pasien yang memiliki cataplexy parah. sodium oxybate juga dikrenal sebagai GHB tetapi dianggap aman untuk mengobati narkolepsi bila digunakan dengan cara yang benar seperti mengurangi kantuk di siang hari dan mengurangi cataplexy.

4.Antidepresan
Selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) obat ini digunakan untuk mengobati depresi, ngantuk dan mengurangi gejala cataplexy, halusinasi, dan kelumpuhan tidur. Antidepresan termasuk fluoxetine (Prozac), sertraline (Zolft), dan antidepresan baru seperti vanlafaxie (Effexor).

Dan berikut ini adalah beberapa gejala umum orang yang terkena penyakit nerkolepsi :

1.Cataplexy
Yaitu kehilangan kontrol otot, sering kali nerkolepsi ini membuat Anda tiba-tiba kehilangan kontrol
otot saar sedang tertidur contohnya : saat Anda sedang tidur Anda tertawa atau bahkan menangis.

2.Halusinasi

Beberapa orang yang terkena penyakit nerkolepsi biasanya mengalami gangguan halusinasi yang cukup menakutkan seperti terjatuh saat tidur dalam keadaan sadar atau bangun.

3.Kelumpuhan Tidur
Kelumpuhan saat Anda tidur dapat diartikan dimana Anda mungkin tidak dapat bergerak atau berbicara pada awal hingga bangun tidur.

4.Microsleep
Gejala seperti ini mirip dengan klepto tapi bedanya Adna melakukannya dalam keadaan tertidur seperti bebicara, mengambil barang dan menyingkirkan barang-barang dan saat terbangun Anda lupa apa yang sedang terjadi dan tanpa mengingat apapun.

5.Insomnia

Jika Anda menderita nerkolepsi, Anda mungkin akan terjaga sepanjang malam dan memiliki tingkat denyut jantung yang tinggi sehingga menimbulkan rasa gelisah dan waspada. Para ilmuan telah menemukan bahwa orang yang menderita narkolepsi memiliki jumlah hypocretin yang rendah dalam otak mereka yang biasa disebut juga dengan orexin yaitu zat kimia dalam otak yang mengaktifkan gairah dan mengatur tidur.

Itulah beberapa cara pengobatan untuk untuk mengobati penyakit tidur narkolepsi, dan beberapa gejala orang yang terkena penyakit narkolepsi, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu