Musim hujan melanda, imun harus tetap di jaga!

Dingin-dingin hujan gini paling enak memang rebahan, untuk Sahabat yang sering kehujanan setelah pulang kerja atau beraktivitas harus tetap jaga imun agar tidak rentan terkena penyakit dan virus. Mengingat juga sekarang tingkat Covid-19 di Indonesia semakin meningkat, jangan anggap remeh jika badan mulai terasa tidak enak.

Hal ini bisa terjadi karena pada cuaca dingin, rhinovirus dapat bereplikasi lebih cepat pada suhu tubuh yang kurang dari 37 derajat Celcius, suhu ini merupakan rata-rata inti tubuh manusia. Sedangkan suhu di dalam rongga hidung adalah sekitar 33 derajat Celcius yang dapat membuatnya menjadi tempat berkembang biak ideal bagi rhinovirus.

Virus influenza yang menyebabkan flu juga dapat bertahan dan menyebar lebih mudah saat udara dingin dan kering. Selain itu, cuaca dingin dapat mempengaruhi respons imun seseorang yang membuat tubuh lebih sulit untuk melawan infeksi. Alasannya karena berkurangnya kadar vitamin D akibat berkurang pula paparan sinar matahari. Vitamin D berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Penyakit yang biasa disebabkan oleh hujan beragam, mulai dari pilek, flu, demam, migrain bahkan hingga gangguan kulit jika terkena genangan air hujan yang kotor. Ada 4 hal yang bisa dilakukan loh untuk mencegah penyakit menyerang ketika kamu terlanjur kehujanan.

1. Segera ganti baju yang sudah terlanjur basah

Baju yang sudah terkena air hujan, sudah pasti bercampur bakteri dan kuman karena air hujan juga membawa debu dan partikel lainnya yang tidak baik untuk kulit. Segara cuci baju yang sudah terkena hujan, dan mandi untuk bersihkan diri.

2. Mandi dengan air hangat

Air hujan yang membawa partikel lainnya kemungkinan juga akan hinggap di tubuh, untuk itu mandi sangat penting untuk membersihkan tubuh dari bakteri. Mandi dengan air hangat bantu mengembalikan suhu tubuh yang kedinginan akibat kehujanan. Bersihkan diri mulai dari rambut hingga kaki agar tidak ada bakteri dan kuman yang menempel.

3. Konsumsi minuman yang hangat

Madu, lemon dan teh hangat diseduh ketika sudah kehujanan bisa menghangatkan tubuh. Kandungan vitamin c pada lemon juga bisa cegah flu untuk menjangkit tubuh.

4. Lakukan stretching ringan

Saat terjebak hujan, tubuh akan kedinginan dan mungkin menyebabkan tubuh menggigil dan kaku. Cobalah untuk melakukan sedikit peregangan ringan untuk merilekskan tubuh yang kaku. Stretching juga dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan memperlancar aliran darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat