Mengapa Tidur Miring Ke Kanan Lebih Baik Daripada Miring Ke Kiri ?

Tidur
Selain makan, tidur adalah kebutuhan yang paling tinggi bagi setiap orang, karena pada saat inilah tubuh di instirahatkan dari berbagai aktivitas. Tidur adalah situasi yang menyehatkan bagi tubuh. Agar lebih sehat, hendaknya tidur di dukung juga dengan posisi yang menyehatkan, dimana untuk posisi, berbaring tidur ke kanan sangatlah sehat jika dibandingkan dengan posisi lainnya.

Banyak penelitian yang menyebutkan jika tidur dengan posisi miring ke kanan sangatlah sehat. Hal tersebut memang benar adanya karena tidur miring ke kanan khususnya diatas kasur kesehatan American Pillo, terbukti mampu membuat tubuh semakin sehat. Ingin tahu ulasan selengkapnya? simak informasinya berikut ini.

1. Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri

Otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan kanan. Bagian kanan adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri begitu pula sebaliknya. Umumnya kita menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas seperti makan, memegang dan lainnya.

Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam.

2. Mengurangi Beban Jantung

Tidur dengan posisi miring ke kanan, sangat cocok dan baik untuk kesehatan Jantung. Hal tersebut dikarenakan, saat miring ke kanan, membuat organ jantung memiliki ruang dan tidak tertimpa organ lainnya.

Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan, karena darah yang masuk ke atrium juga banyak yang disebabkan karena paru-paru kanan berada di atas. Sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.

 3. Merangsang Buang Air Besar

Dengan tidur miring ke kanan, proses pengisian usus besar akan lebih cepat penuh daripada kita tidur miring ke kiri. Dengan kata lain, posisi ini bisa memperepat proses buang air besar dengan maksimal ketika Anda bangun di pagi hari. Untuk Anda yang kesulitan atau memiliki jadwal buang air besar yang tidak lancar, cobalah untuk sesering mungkin tidur pada posisi ini.

4. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. Jika tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan lebih besar. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik bagi kesehatan Anda, tentunya.

5. Meningkatkan Waktu Penyerapan Zat Gizi

Saat tidur pergerakan usus menigkat. Dengan posisi miring ke sebelah kanan, maka perjalanan makan yang telah tercerna dan siap di serap akan menjadi lebih lama, hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada dibawah. Hal tersebut juga di dukung dengan waktu yang lama selama tidur yang memungkinkan penyerapan usus bisa optimal.

Itulah beberapa penjelasan tentang mengapa tidur ke kanan sangatlah menyehatkan bagi tubuh. Kesehatan saat tidur bisa di dapatkan oleh semua orang, selain posisi, kesehatan tidur juga di dukung dari seberapa maksimalkah waktu yang Anda pergunakan untuk tidur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu