Mendengkur adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Umumnya mendengkur bisa terjadi hanya pada orang dewasa saja tetapi sekarang anak-anak pun tidak menutup kemungkinan untuk merasakan keadaan seperti ini seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Umumnya orang sering mendengkur ketika sedang tidur dengan volume dan frekuensi dengkuran yang bervariasi.
Banyak faktor yang memperngaruhi seorang pendengkur mulai dari umur, konsidi tubuh, masalah hidung hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Meskipun terlihat sepele tetapi ternyata mendengkur termasuk kedalam kategori keadaan yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian? percayakah Anda?

Banyak penelitian yang mendukung fakta mendengkur yang identik dengan kematian karena jika dilihat dari sisi kesehatan, mendengkur bisa terjadi karena tersumbatnya jaringan syarat yang menuju ke otak.

Selain itu, banyak penelitian yang juga menyebutkan bahwa mendengkur bisa memperbesar berbagai macam penyakit mematikan salah satunya adalah Jantung.

Sebenarnya mendengkur bisa dihindari asalkan kita merubah gaya dan pola hidup kita menjadi lebih sehat lagi, mengaplikasikan posisi tidur yang benar hingga menggunakan kasur kesehatan terbaik dari American Pillo.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa cara dan tips mengatasi dengkuran saat tidur.

Olahraga

Selain sehat, olahraga juga bisa menjadi senjata ampuh dalam meningkatkan masa otot dan kesehatan yang ada dalam tubuh kita. Dengan rajin berolahraga, Anda juga bisa mengatasi masalah dengkuran yang sering terjadi ketika tertidur.

Berhenti Merokok

Bagi Anda pria atau wanita yang sering merokok sebaiknya mulai saat ini hentikan dan hindari kebiasaan buruk tersebut karena Merokok bisa meningkatkan dengkuran saat tidur.

Merokok dapat menyebabkan penyempitan saluran udara akibat adanya iritasi selaput di hidung dan tenggorokan. Oleh sebab itu, segeralah berhenti merokok sekarang juga.

Tetapkan pola tidur yang teratur

Jam tidur yang baik dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh serta dapat mengurangi intensitas dengkuran saat tidur. Untuk tidur yang berkualitas, sebaiknya Anda mendapatkan durasi jam yang baik yaitu sekitar 7-8 jam.

Hindari kafein dan makanan berat sebelum tidur

Membiasakan diri ngemil snack dan meminum kafein bukan saja dapat menaikan berat badan namun juga bisa meningkatkan resiko dengkuran saat tertidur. Patikan Anda tidak mengkonsumsi makanan berat dan kopi 2 jam sebelum tidur dan sebaiknya beralih pada produk susu yang jauh lebih sehat.

Tidur menyamping

Apa posisi tidurmu ketika beristirahat pada malam hari? menyamping? tengkurap? atau terlentang? Jika dilihat dari posisinya, tidur menyamping dapat menghindarkan kita dari dengkuran daripada posisi tidur yang lainnya.

Ketika tidur, sangat disarankan untuk menghindari posisi terlentang karena hal tersebut akan membuat lidah dan jaringan lunak di mulut semakin menuju ke dalam, serta akan menyumbat aliran udara yang ingin masuk dan pada akhirnya menyebabkan anda tidur dalam keadaan mendengkur.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari dan meminimalkan dengkuran saat tidur. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu