Memahami dan Mengatasi Stress

Uncategorized
stress-2Tips Menghindari Stress

Sahabat, stres merupakan kondisi tubuh yang tidak nyaman dikarenakan pikiran menampung beban berlebih sehingga muncul rasa penat yang mana jika berkepanjangan dapat menganggu kondisi mental dan kesehatan seseorang. Walau bagaimanapun setiap orang tidak bisa hidup jauh dari stres karena pada dasarnya hidup ini merupakan sebuah proses dimana ada kala senang ataupun sulit.

Stres yang menimpa seseorang bisa dilihat dari beberapa indikator, contohnya seseorang yang stres akan labil dalam melakukan sesuatu, terburu-buru saat bekerja dan masih banyak tSahabat lain yang timbul pada orang yang mengalami stres.

 

Penyebab Stres

Saat ini banyak orang yang tidak tahu kalau hal yang sedang dilakukannya secara terus menerus dengan kondisi otak dalam keadaan tidak baik dapat memicu stres. Berikut ini beberapa penyebab stres yang perlu Sahabat ketahui seksama.

 

  1. Ekonomi
    Tidak semua orang terlahir dari keluarga yang berkecukupan, apalagi di negara berkembang seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya bisa dikatakan menySahabatng status sosial tingkat bawah.Hal ini (ekonomi) menjadi pemicu utama seseorang mengalami stres. Sebagai contoh seorang ibu yang terus memikirkan bagaimana anaknya bisa melunasi SPP sekolah yang sudah menunggak berbulan-bulan, lama kelamaan otak akan stres hanya untuk menemukan solusi terbaik.

 

  1. Kerja berlebihan
    Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebih tidaklah baik. Contoh saja, seseorang yang sakit mengira bahwa minum obat yang banyak dapat mempercepat proses pemulihan, tetapi hal tersebut justru membuat kondisi semakin memburuk, bisa overdosis bahkan berisiko kematian.Sama halnya dengan bekerja yang berlebihan. Jikalau terpaksa, alangkah baiknya disela-sela waktu kerja Sahabat, refresh otak dengan berjalan keluar kantor sejenak atau cuci muka dengan air dingin agar wajah tetap sehat dan tampak segar.
  2. Sosial
    Hubungan sosial juga dapat mengakibatkan stress. Baik yang dilakukan secara langsung maupun hanya melalui media sosial. Hubungan social bisa menjadi pemicu stress bisa juga disasari karena satu masalah spele. Misal yang baru-bru terdengar tentang isu politik. Debat kusir yang terjadi bisa menyebabkan hubungan sosial dengan kawan menjadi bermasalah.Selain itu masalah percintaan kerap menjadi pemicu stress, baik yang sedang masa pendekatan hingga yang sudah menikah. Hubungan sosial dengan kerabat/keluarga yang kurang harmonis juga banyak yang menjadi penyebab stress.

 

Melihat ketiga faktor pemicu stres barusan sepertinya sudah mewakili yang lain seperti obsesi pada kesempurnaan, kurangnya minat melakukan sesuatu, bingung akan kepastian, selalu menerima segala masalah dengan pikiran negatif, tidak mendapat waktu cukup untuk kumpul bersama teman dan masih banyak lagi.

 

Cara Menghilangkan Stres

Jika dibiarkan terus mengganggu keseharian Sahabat, otomatis berbagai masalah akan timbul. Terutama dalam hal kesehatan badan dan psikis juga mood.

Untuk mengatasinya, Sahabat bisa melakukan beberapa tips berikut.

1.      Bernafas dalam-dalam

Lakukan yoga jika Sahabat sedang stres, biasanya salah satu teknik yoga adalah menarik nafas dalam-dalam seperti melakukan meditasi.

Menarik nafas dalam-dalam dapat memproduksi laju hormon endorfin yang membuat pikiran tenang serta hati yang bahagia. Sebelum mencobanya, pastikan Sahabat melakukan ini diruangan yang tidak bising dan sejuk, misalnya di halaman rumah ketika sore hari atau pagi hari.

2.       Dengarkan musik santai

Sahabat bisa makan cemilan sembari mendengarkan musik yang melodinya slow, atau coba cari musik klasik atau instrument. Irama dari lagu tersebut membuat hati tersentuh jika didengarkan dengan betul dan mengekspresikan rasa gembira pada beberapa bagian melodinya.

3.       Positive thinking

Jika ada yang ngomongin Sahabat dari belakang, tetaplah sabar dan positive thinking. Mungkin mereka membicarakan skill menonjol yang tertanam dari diri Sahabat, seperti kedisiplinan Sahabat datang ke kantor, ketekunan dalam bekerja, bertindak dan berpikir cepat dan beberapa hal yang membuat diri Sahabat termotivasi. Hal ini juga membantu mencegah stres.

Hindari berdebat tidak penting pada medsos akir-akir ini yang kerap muncul di timeline. Selain menambah beban pikiran dan emosi juga cukup membuang waktu.

4.      Tertawa atau teriak lepas

Kalau ingin tertawa lakukanlah dengan lepas. Sahabat bisa memancing keinginan untuk tertawa dengan menonton video-video lucu misalnya atau menonton stand up comedy.

Apabila memilih opsi kedua yaitu “berteriak lepas dengan suara lantang” lebih baik lakukan di tempat yang luas dan sepi. Misalnya di tepi pantai atau diatas gedung.

5.      Refreshing

Weekend adalah waktu yang tepat untuk bersantai, Sahabat bisa ajak kerabat, sahabat, saudara/i, atau keluarga untuk jalan-jalan ke pantai atau ketempat yang asyik menurut Sahabat. Intinya buat weekend Sahabat sebahagia mungkin, dengan demikian  stres yang menghantui Sahabat bisa berkurang bahkan hilang.

6.      Selesaikan pekerjaan, saat itu juga!

Ketika pekerjaan numpuk, kerjakan sedikit demi sedikit tapi akhirnya selesai hari itu juga. Jangan ditunda-tunda karena menunda pekerjaan otomatis membuat pekerjaan semakin menumpuk, jika sudah menumpuk rasa malas pun muncul.

7.      Tidur yang cukup

Tidur merupakan salah satu kunci mengurangi stress. Tidur yang cukup itu tidak kurang tidak kelebihan. Beberapa orang yang kurang tidur biasanya akan berdampak pada mood di pagi hari. Pun demikian yang terlalu banyak tidur akan justru makin bertambah capek saat bangun.
kenyamanan tempat tidur juga menjadi salah satu factor agar tidur makin berkualitas. Selain mengistirahatkan otak juga menjaga kesehatan badan dengan terhindar dari salah urat atau kram.

Sahabat, demikian beberapa tips untuk menghilangkan stress. Semoga bisa bermanfaat.

#AmericanPilloInfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu