Lomba 17 Agustusan yang Bikin Kamu Nostalgia!

Bulan Agustus menjadi bulan yang meriah bagi warga negara Indonesia karena tak lain merupakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang tercinta ini. Saat HUT RI, terdapat beberapa perayaan seperti upacara di pagi hari, dekorasi merah putih di jalanan dan lomba 17-an yang menarik untuk semua kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun sayangnya karena pandemi, lomba 17-an ini sempat absen selama 2 tahun terakhir. Di tahun 2022 ini lomba 17 Agustusan akhirnya mulai diadakan kembali, simak lomba 17 Agustusan yang bikin Sahabat nostalgia yuk!

Balap Kelereng

Sumber Gambar: infopublik.id

Lomba balap kelereng ini mengharuskan pesertanya menggigit sendok yang ada sebutir kelereng di atasnya. Peserta membawa kelereng tersebut dan berjalan menuju garis finish. Sembari berjalan, peserta harus menjaga agar kelereng tersebut tidak jatuh dari sendok. Jika kelereng jatuh dari sendok, maka peserta dinyatakan kalah. Peserta yang menang adalah siapa yang mengumpulkan kelereng terbanyak di garis finish.

Panjat Pinang
lomba 17 agustusan panjat pinang

Sumber Gambar: detik.com

Panjat pinang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dengan sebutan De Klimmast yang artinya panjang tiang. Lomba ini awalnya diadakan pada perayaan ulang tahun Ratu Belanda setiap tanggal 31 Agustus. Seiring berjalannya waktu, lomba ini tidak hanya berlangsung pada saat ulang tahun Ratu saja tetapi pada saat hari besar negara atau pesta pernikahan bangsawan.

Pohon yang digunakan adalah pohon yang dikuliti dan telah diberi cairan pelicin. Peserta memanjat pohon pinang dan merebut hadiah yang sudah ada di atas pohon. Lomba panjat pinang cukup bermakna karena mengharuskan kerjasama dalam tim untuk mencapai satu tujuan. Para pengikut lomba harus berkorban satu sama lain, baik yang di bawah maupun di atas demi mendapatkan hadiah di puncak pohon pinang tersebut.

Memasukkan Paku kedalam Botol

Sumber Gambar: uprint.id

Lomba memasukkan paku kedalam botol menjadi lomba nostalgia karena sudah jarang ada saat ini. Lomba ini mengharuskan pesertanya mengikatkan tali yang terdapat paku di ujung talinya kemudian diikatkan ke pinggang. Peserta harus membelakangi botol dan memasukkan paku kedalam botol yang sudah disediakan. Tujuan dari kegiatan lomba ini adalah melatih konsentrasi peserta dan melatih kesabaran saat memasukkan paku ke dalam botol.

Makan Krupuk
Lomba 17 agustusan makan krupuk

Sumber Gambar: detik.com

Saat masa penjajahan, rakyat Indonesia mengalami kesulitan untuk mendapatkan makanan. Nasi dan kerupuk merupakan makanan favorit para pejuang di kala itu. Peserta harus memakan kerupuk pada tali dan memakan tanpa bantuan tangan. Lomba ini ada untuk mengajarkan kita agar lebih menghargai bahan pangan dan mengingat perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan.

Dari lomba-lomba di atas, mana nih yang menjadi lomba favorit Sahabat? Yuk jangan takut untuk ikut setiap perlombaan yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Dengan mengikuti lomba 17 Agustusan maka telah menandakan bahwa kita juga turut berkontribusi memeriahkan kemerdekaan Indonesia sekaligus mengenang jasa para pahlawan. Sebelum mengikuti lomba, pastikan Sahabat istirahat yang cukup dengan American Pillo ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu