Ketahui Kapan Saja Waktu Terbaik Untuk Tidur

Tidur
Tidur, satu kata yang dibutuhkan semua orang. Pada saat ini, tubuh di istirahatkan dari beragam aktivitas agar energi di dalam tubuh tersebut bisa terisi kembali. Tidur sejatinya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, namun ada baiknya Anda mengatur jadwal tidur mulai dari waktu dan tempatnya untuk memaksimalkan manfaat dari tidur pada tubuh.

Baiknya, tidur malam di atas kasur springbed murah american pillo bisa dilakukan maksimal 8 jam, karena menurut penelitian, 8 jam adalah waktu ideal untuk tidur . Tapi banyak orang yang menyanggah dan mengemukakan bahwa tidur bisa ideal dilakukan lebih dari waktu tersebut. Namun sebenarnya, kapan dan berapa lama sih waktu terbaik untuk tidur tersebut? mari kita bahas secara lebih lanjut.

Pakar kesehatan tubuh, Shawn Stevenson mengemukakan beberapa hal terkait waktu terbaik untuk tidur. Stevenson telah mempelajari metode optimal untuk memaksimalkan kualitas tidur, serta melihat bagaimana semua hal, mulai dari pengaturan kamar tidur hingga banyaknya air yang diminum dapat mempengaruhi waktu tidur.

Tetapi, adakah waktu yang paling tepat untuk tidur? Menurutnya ada dua hal yang perlu dipahami. Pertama, tubuh tiap orang berbeda, sehingga penting untuk mencoba kapan yang tepat bagi Anda. Namun, jika Anda belum mencoba tidur sebelum tengah malam, mulailah sekarang.  Secara biologis tubuh kita dipengaruhi oleh pola matahari, sehingga ketika akan tidur belum larut malam dan bangun saat matahari terbit, Anda berarti mengikuti ritme sirkadian alami.

Nyatanya, semakin dekat dengan pola matahari, energi Anda akan semakin baik. Ia merekomendasikan jadwal tidur pukul 10 malam hingga 6 pagi. Dengan catatan, tidak apa-apa jika Anda sedikit fleksibel dengan waktu tersebut. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Springer’s Cognitive Therapy mengatakan bahwa orang yang mengatakan dirinya “orang malam” akan merasakan aura negatif lebih besar serta pikiran yang terganggu dibanding “orang pagi” yang biasa tidur lebih awal.

Bahkan, studi lain juga mengatakan dan mempertegas bahwa tidur sebaiknya di lakukan lebih awal dan jangan terlalu larut. Waktu tidur yang optimal sebenarnya dimulai sejal pukul 21.00 hingga 05.00 pagi. Waktu ini dirasa cocok dikarenakan ritme tubuh alami manusia akan meniru matahari yang telah menghilang dan bersiap muncul ke permukaan di saat pagi hari.

Mengingat kebiasaan tidur setiap orang berbeda-beda, berbagai studi dan opini profesional dari para ahli juga menyimpulkan :
Jika kamu cenderung belum mengantuk sebelum pukul 11 malam, jangan memaksakan diri untuk tidur jam 8 dengan harapan bisa bangun awal dan merasa lebih segar! Kemungkinan besar ini malah jadi bumerang karena kamu justru terbangun dengan perasaan gelisah dan tidak menentu, dibanding jika tidur secara alami saat kamu mulai ngantuk.

Itulah beberapa informasi terkait kapan dan berapa lama waktu terbaik seseorang untuk tidur. Kapan dan berapa jam seseorang tidur tergantung dari kondisinya sendiri, namun ada baiknya mulai dari sekarang Anda mengatur jadwal tidur sesuai dengan ritmenya agar tubuh bisa sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu