Ketahui 5 Akibat Buruk Dari Kurangnya Tidur Di Malam Hari

Artikel, Tidur
Ketika badan mulai merasa lelah, tidur menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan kebugarannya. Namun melakukan aktivitas tidak mudah, banyak halangan dan hambatan yang terjadi sehingga mengakibatkan jam tidur menjadi berkurang.

Kekurangan jam beristirahat bukanlah sesuatu yang baik karena hal tersebut dapat membuat penumpukan penyakit dalam tubuh mulai dari yang sepele hingga yang mematikan.

Banyak efek negatif yang diakibatkan oleh kekurangan tidur saat malam hari, dimana hal yang terlihat signifikan adalah berkurangnya konsentrasi dalam segala hal mulai dari berkendara, belajar hingga bekerja di siang hari.

Berikut 5 masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat kurangnya jam tidur yang perlu Anda ketahui.

1. Penyakit Kardiovaskular

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan salah satunya adalah Jantung Anda. alam jurnal Sleep yang diterbitkan tahun 2010, dicantumkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Banyak penelitian yang juga mengatakan bahwa tidur sangat mempengaruhi kondisi organ terpenting dalam tubuh tersebut bahkan orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung yang mematikan.

Agar terhindar dari penyakit Kardiovaskular, sebaiknya Anda mulai melakukan hal positif untuk mendukung jam tidur di malam hari.

2. Diabetes

Diabetes bukan saja diakibatkan oleh pola makan yang salah tetapi juga oleh jam tidur yang menipis setiap malamnya. Penelitian dari University of Chicago dan Northwestern University menunjukan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen.

Selain Diabetes, kekurangan tidur di malam hari juga bisa meningkatkan kadar insulin hingga 30 persen dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43 persen.

3. Kanker

Penelitian dari sebuah Universitas terkemuka di dunia yaitu ase Western University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

Tidur memang sangat erat kaitannya dengan kanker, mulai dari kanker payudara hingga kanker lainnya. Selain memperbaiki jam tidur, agar terhindar dari kanker, barengi istirahat tersebut dengan pola hidu sehat seperti olahraga.

4. Kandung Kemih yang bermasalah

Selain kanker, Insomnia juga memiliki pengaruh yang snagat besar dalam memperparah kesehatan kandung kemih setiap orang yang jam tidurnya terbengkalai.

Tidur yang tidak sesuai dengan jamnya, dapat meningkatkan nokturia di dalam tubuh hingga 80 sampai 90 persen yang berakibat pada tidak berjalan normalnya kandung kemih yang ada dalam tubuh.

5. Kematian

Hal terburuk dari semua efek negatif kekurangan tidur adalah hilangnya nyawa seseorang atau kematian. Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 16.000 orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian.

Faktanya, orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

Itulah beberapa efek negatif yang sangat buruk dari kurangnya tidur di malam hari. Agar semakin menunjang kenyamanan saat tidur, Anda bisa memakai kasur sehat yang bisa di dapatkan dari toko jual kasur springbed terbaik di American Pillo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu