Tidur menjadi salah satu kebutuhan primer setiap orang, karena dengan tidur energi yang telah kita keluarkan selama satu hari dalam beraktivitas bisa pulih dan bertambah kembali.

Dalam melakoni aktivitras tidur, tentu saja banyak posisi yang sering kita lakukan mulai dari terlentang, tengkurap, miring ke kiri maupun ke kanan. Meskipun sepele, namun posisi tidur ternyata sangat berpengaruh bagi kualitas tidur itu sendiri.

Disamping itu, posisi tidur juga mampu memberikan kenyamanan serta mempengaruhi nyenyak atau tidaknya kualitas tidur yang kita jalani.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut 4 posisi tidur dan penjelasan tentang seberapa pentingkah posisi tersebut pada kesehatan kita.

1. Tidur miring

Beberapa orang pasti menyukai dan sering berada dalam posisi ini, tidur miring bagi sebagian orang membuat tidur lebih nyaman dari pada posisi yang lainnya. Tetapi, sebaiknya jika Anda akan tidur miring, lebih baik ambil posisi ke kanan.

Tidur miring ke kanan lebih aman dari pada ke kiri karena apabila ke kiri akan lebih membebani jantung dengan berat tubuh Anda. Jika terjadi, maka dapat membuat jantung kelelahan dan menyebabkan kefatalan dalam periode panjang.

Posisi tidur miring yang paling baik adalah dengan cara tidur bayi yakni dengan punggung melengkung serta kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi ini kurangi desakan pada tulang punggung, mempermudah pernafasan, serta membebaskan organ-organ badan.

2. Tidur Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap tentu saja nikmat, terlebih saat menggunakan spring bed terbaik dari american pillo. Pada posisi ini perut akan mengarah kebawah.

Menurut Glaser, posisi tidur tengkurap bisa memberi desakan pada sendi serta otot yang bisa menyebabkan nyeri sampai kesemutan di beberapa area tertentu pada badan.

Tetapi disamping itu posisi tengkurap juga bermanfaat yakni sangat baik untuk mereka yang mendengkur lantaran saluran hawa atas jadi lebih terbuka. Bila Anda tak mempunyai kisah sakit punggung, leher serta sukai mendengkur, posisi tidur tengkurap adalah pilihan yang pas.

3. Tidur Menyamping

Sama halnya dengan tengkurap, tidur menyamping sangat bermanfaat khususnya bagi mereka yang sering mendengkur saat tidur. Hal tersebut dikarenakan mampu membuat dengkuran menjadi berkurang serta merenggangkan tulang belakang.

Disamping itu, bila Anda hamil juga lebih baik tidurlah dengan posisi ini karena bisa memperlancar aliran darah ke seluruh area tubuh Anda.

Tetapi, posisi ini juga memiliki kekurangan yakni mampu membuat kerutan pada wajah serta bagi wanita bisa mengakibatkan pengenduran pada bentuk payudara.

4. Tidur Terlentang

Posisi terakhir adalah posisi tidur terlentang, dimana hampir seluruh orang menjalani tidur dengan posisi seperti ini. Terlentang saat tidur sangat baik untuk menjaga posisi kepala, leher dan tulang belakang agar tetap netral.

Selain itu, posisi ini juga nghindar sakit leher serta punggung, meminimalisir keriput serta melindungi bentuk payudara terus baik.

Namun sayangnya, sama seperti posisi lainnya, tidur terlentang juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah posisi ini tidak cocok untuk mereka yang sering mendengkur karena tenggorokan akan menyempit yang menyebabkan turbulensi hawa yang mengakibatkan getaran serta dengkuran.

Itulah 4 posisi tidur serta penjelasan terkiat kesehatan dan manfaatnya untuk tidur nyenyak. Mana posisi tidurmu setiap malam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu