Kapan waktu tidur siang yang tepat?

Anak-anak hingga orang dewasa tentu saja membutuhkan waktu tidur yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 hingga 9 jam, sedangkan bayi, anak dan remaja membutuhkan waktu tidur lebih dari itu. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tidur, orang dewasa sebenarnya juga membutuhkan waktu untuk tidur siang dan melatih anak tidur siang sejak dini agar terbiasa dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Sahabat penasaran ga sih berapa waktu tidur siang yang tepat dan ideal?

Waktu tidur siang yang tepat

Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah tengah hari seperti jam 13.00 hingga 15.00 siang. Jam tersebut merupakan waktu yang ideal untuk beristirahat sejenak karena jam rawan mengantuk setelah makan siang. Jangan lupa juga beri jeda 1 hingga 2 jam sesudah makan karena metabolisme butuh bekerja mencerna makanan. Banyak manfaat dari tidur siang yang perlu Sahabat tahu, seperti meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan produktivitas, meningkatkan suasana hati, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tidak perlu durasi yang lama, tidur siang hanya membutuhkan durasi sekitar 10 menit hingga 30 menit, diiringi dengan tidur di waktu yang ideal, sehingga tidak akan mengganggu jadwal tidur di malam hari dan dapat memperbaiki kualitas tidur yang kurang baik. Kunci dari tidur siang adalah tidur secukupnya dan tidak berlebihan, karena jika dilakukan secara berlebihan tidur siang justru memiliki efek yang negatif.

Dampak Negatif Tidur Siang yang Berlebihan

Contohnya saja saat Sahabat berada di fase tidur yang nyenyak, Sahabat akan susah terbangun dan mudah mengalami kebingungan. Mengantuk dan tidur di siang hari berlebihan juga bisa berpengaruh pada risiko masalah kesehatan seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Maka dari itu, tidur siang dengan durasi yang lama tidak akan pernah bisa menggantikan waktu tidur malam yang hilang.

Cara melakukan tidur siang yang baik

Sahabat bisa melakukan tidur siang di mana saja. Cari tempat yang sepi atau jauh dari ruang kerja dan tutup mata sejenak. Apabila bekerja di rumah, Sahabat bisa tidur siang di sofa atau kursi. Bila perlu, gunakan penutup mata dan penyumbat telinga agar tidak terganggu dengan lingkungan sekitar. Jangan lupa juga untuk berikan jeda sebentar sebelum melanjutkan aktivitas agar tubuh tidak terkejut dan bisa rileks. Itu tadi manfaat tidur siang yang perlu Sahabat tahu, semoga Sahabat bisa lebih mengerti pentingnya tidur siang dan bisa mengoptimalkan waktu untuk tidur siang kalian juga ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu