Tidur umumnya menjadi satu kondisi yang menentramkan dan membuat rasa damai serta rileks bagi setiap orang. Dengan tidur, seseorang bisa membuat kondisi tubuhnya kembali sehat dan bugar setelah satu hari beraktivitas.

Meskipun begitu, tidak semua orang menganggap tidur sebagai waktu terbaik untuk beristirahat karena banyak dari mereka yang mengganggap tidur sebagai kebalikan dari rasa damai dan selalu mengalami beragam gangguan saat beristirahat.

Bagi mereka, tidur bisa menjadi satu kondisi yang menakutkan dan selalu diliputi perasaan paranoid baik akan kondisi tubuh hingga takut akan terhadap hal meskipun hal-hal tersebut terkesan berlebihan dan tidak masuk akal.

Apa saja gangguan tidur yang menakutkan yang selalu dirasakan oleh beberapa orang? berikut informasi lengkapnya.

1. Gangguan Mimpi Buruk

Ketika tertidur, mimpi adalah bunga tidur. Saat tertidur pastinya kita ingin mengalami mimpi indah, dan jauh dari mimpi buruk. Bagi beberapa orang yang sering terbangun karena mimpi buruk, umumnya mereka selalu mengalami sesak nafas yang cukup parah dan terbangun dalam kondisi keringat dingin.

Orang yang mengalami gangguan akan mimpi buruk dapat sangat emosional, berteriak sekencang-kencangnya dan ketakutan akan mimpi yang tidak indah tersebut. Dengan gangguan ini, seseorang akan terjaga dengan lama dan kondisi tidurnya akan terganggu.

2. SleepWalking

Faktanya sekitar 15% orang dewasa terkadang sering terbangun dari tidur dengan kondisi berjalan seenaknya di sekitaran rumah dengan keadaan mata yang masih terpejam. Kondisi ini sering dinamakan dengan tidur berjalan atau sleepwalking.

Sleepwalking bisa dipicu oleh stres, tidur tidak nyenyak, dan genetika. Orang yang tidur sambil berjalan dapat melakukan apa saja mulai dari memindahkan perabotan dan membuka pintu.

Jika seseorang mengalami gangguan tersebut, sangatlah berbahaya bukan saja untuk kualitas tidur namun juga untuk keselamatan diri mereka.

3. Halusinasi

Sama halnya seperti mimpi buruk, halusinasi juga menjadi suatu keadaan yang bisa diakibatkan oleh sebuah mimpi maupun yang bukan mimpi.

Halusinasi sebelum tidur maupun ketika tertidur sangat tidak bagus bagi kesehatan psikis seseorang karena umumnya mereka terkesan paranoid ketika akan memejamkan mata, dan sering terasa akan ada bahaya yang mengancam saat mereka tertidur.

Selain itu, orang yang berhalusinasi juga sering mengalami paranoid yang cukup tinggi dimana mereka akan mendengar suara-suara aneh dan melihat hal-hal yang diluar nalar di kamar mereka sesaat sebelum tertidur.

4. Kelumpuhan Tidur

Selama tidur, aktivitas dan otot-otot tubuh menjadi tidak bergerak. Ini kelumpuhan sementara, meskipun kadang-kadang kelumpuhan tetap ada bahkan setelah orang terbangun.

Umumnya kelumpuhan tidur sering diikuti dengan halusinasi ringan yang bagi orang yang terbiasa akan bersikap santai dan melewati kelumpuhan tersebut dengan rilek. Namun bagi mereka yang mengalami kelumpuhan tidur diikuti ketakutan, maka mereka akan terasa tertindih dan tercekik yang mana kondisi ini sangat buruk bagi psikis mereka.

Itulah beberapa gangguan-gangguan tidur yang umumnya terjadi pada setiap orang. Agar terhindar dari gangguan tersebut, Anda bisa memulainya dengan memilih tempat tidur empuk dari toko kasur springbed murah dan mulailah menanamkan sikap positif bahwa tidur adalah kondisi yang menyehatkan untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu