INFUSED WATER

Artikel

INFUSED WATER

Adalah air mneral yang dipadukan dengan potongan buah-buahan. Air mineral yang telah diberi potongan buah-buahan biasanya disimpan di lemari pendingin selama 2 jam. Setelah 2 jam, potongan buah-buahan tersebut sudah lembek dan tidak enak dimakan, bisa dibuang. Karena sari pada buah-buahan tersebut sudah menyatu dengan air mineral tersebut, rasa air mineral itu menjadi seperti buah-buahan. Manfaat yang didapatkan jika meminum infused water adalah:

  1. Sumber vitamin

Tentu saja vitamin yang terkandung dalam buah-buahan tersebut akan menyatu dengan air mineral sehingga air mineral tersebut menjadi penuh vitamin.

  1. Sarana detoksi

Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan. Namun tidak ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu. Jika benar demikian, maka tubuh akan sering sakit. Sehingga diet atau pola makan detoks pun belum terbukti secara klinis berguna bagi tubuh.

  1. Pencegah penuaan

Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap dapat menjadi sarana ampuh melawan efek penuaan.

Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalisasi jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.

  1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi infused water diklaim bisa menurunkan berat badan menjadi lebih sehat.  Namun, belum ada penelitian medis yang membuktikan klaim tersebut. Berat badan ideal yang sehat paling baik dicapai dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

  1. Terapi minum air putih dan makan buah

Bagi sebagian orang ada yang susah untuk rutin minum air putih, lebih memilih minuman yang “berwarna” dan berasa. Kopi, teh, soda, dan minuman ringan masih menjadi favorit. Dengan infused water orang yang ogah-ogahan minum air bisa tetap menikmati air minum berasa yang segar. Untuk yang tidak suka makan buah (terutama anak-anak), bisa lebih mudah menikmatinya tanpa harus mengunyah buah-buahan tersebut.

 

Beberapa buah dan kombinasi bahan yang cocok untuk dijadikan infused water adalah:

  1. Apel dan Kayu Manis untuk diminum di musim hujan.
  2. 1-apple-cinammon-infused-water2-750x500Semangka dan Seledri.
  3. 1-fnk_infused-water-watermelon_s4x3-750x600Belimbing dan Stroberi untuk yang rendah kalori.
  4. 1-starfruit-strawberry-infused-water1Nanas dan Mint.
  5. 1-pineapple-mint-infused-waterStroberi, Jeruk Nipis, Mentimun, dan Mint.
  6. 1-img_8987-750x1125Mentimun untuk otot dan kulit.
  7. 1-natural_flavor_water_3-750x750Daun Mint semriwing seperti minum soda.
  8. 1-44db78a6333b044f4347bf68572137ebCampuran buah Citrus.

1-697acc2bbb0b9fe3c9b45a236f303825

Nah, Sahabat bisa mencoba mempraktekkan tren infused water ini agar tetap sehat.

Menu