Cara Menghindari Atau Menghilangkan Tungau

Tungau adalah sekelompok hewan yang berukuran kecil yang memiliki tungkai delapan yang, bersama-sama dengan caplak, menjadi anggota superordo Acarina. Tungau berbeda dengan kutu dalam pengertian ilmu hewan walaupun sama berukuran kecil beberapa orang menganggap keduanya sama. Tungau lebih berdekatan dengan laba-laba dilihat dari kekerabatannya. Hewan ini merupakan avertebrata yang paling beraneka ragam dan berhasil beradaptasi dengan berbagai keadaan lingkungan. Ukurannya kebanyakan sangat kecil sehingga kurang menarik perhatian hewan pemangsa besar dan mengakibatkan ia mudah menyebar di kasur springbed American Pillo Anda.

Jika Anda pernah merasa gatal-gatal saat baru bangun tidur, dan  bentol – bentol tidak seperti digigit nyamuk kemungkinan kasur Anda ditempati tungau. Berikut adalah tips membasmi tungau dari tempat tidur:

  1. Buka seprai Anda dari kasur.

  2. Cucilah seprai dan selimut secara terpisah dengan air panas dan. Jangan lupa tambahkan deterjen Serta pemutih jika Anda atau anak Anda memiliki boneka atau barang lain di tempat tidur, cuci pula dengan cara yang sama.

  3. Setelah itu, jemurlah tempat tidur anda di bawah sinar matahari agar mengindari tuangau yang masih menempel

  4. Bersihkan tempat tidur secara perlahan sampai benar-benar bersih. Jika ada kotoran halus  segera hilangkan

  5. Ambil pembersih anti bakteri lap permukaan tempat tidur dengan pembersih. Jangan ketinggalan bersihkan sudut-sudut dan lipatan kasur. Karena bagian ini tungau sering bersarang

  6. Ambil hair dryer nyalakan secara perlahan di atas seluruh area kasur dengan derajat panas setinggi mungkin. Tindakan ini akan menghanguskan Tungau dan larvanya. Jangan biarkan terlalu lama di area yang sama  agar menghindari kebakaran.

  7. Selanjutnya, lap rangka – rangka tempat tidur dengan cairan pembersih. Lap hingga ke sudut-sudut ranjang. (Termasuk kaki ranjang)

  8. Hair dryer rangka ranjang sama seperti ketika meng-hair dryer kasur.

  9. Lap setiap meja yang ada di sekitar tempat tidur dengan menggunakan cairan pembersih.

  10. Untuk mencegah tungau atau kutu busuk kembali ke tempat tidur, pastikan Anda mencuci seprai dan selimut seminggu 1 kali dengan air panas.

Cara Mencegah Terjadinya Scabies karena Tungau :
Cara mencegah terjadinya penyakit Scabies akibat. Tungau tentu saja dengan menjaga kebersihan lingkungan Anda, bersihkan rumah Anda terutama tempat dan peralatan tidur Anda.

  1. Jemur kasur Anda secara rutin minimal seminggu sekali agar tungau atau kutu yang terdapat ditempat tidur bisa menghilang.

  2. Pastikan juga kamar tidur Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  3. Bersihkan juga pakaian kita sebersih-bersihnya. Jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala scabies segeralah obati penderita agar tidak menular kepada anggota lainnya.

Sekian beberapa  tips dan cara untuk menghilangkan dan mencegah kasur Anda agar terhindar dari tungau yang bersarang dikasur. Bila tungau ini terus terusan bersarang di badan Anda akan bentol-bentol dan sangat meresahkan bagi keluarga kita. Agar tetap terhindar dari bahaya tungau maka dari itu haruslah merawat spray dan kasur rumah Anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu