Cara Melakukan Body Scan untuk Tidur Sehatmu!

Dikutip dari Wellmind.com ketika kita memiliki rutinitas yang berulang atau kerjaan menumpuk, bisa sebabkan stress. Rasa stress yang timbul juga bisa sebabkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh kita, seperti terasa sakit kepala, otot yang terasa tertarik, atau mungkin nyeri pundak. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melepaskan rasa stres pada tubuhmu, salah satunya dengan cara Body Scan.

Apa itu Body Scan?

Body Scan merupakan salah satu cara meditasi yang bantu melepaskan ketegangan  pada tubuh yang bahkan tidak pernah disadari sebelumnya. Body Scan merupakan cara untuk memperhatikan bagian tubuh dan sensasi tubuh secara bertahap dari kaki ke kepala. Dengan Body Scan, dapat membawa rasa rileks ke setiap bagian tubuh. Body Scan juga bantu memperhatikan rasa sakit, nyeri, ketegangan, atau ketidaknyamanan yang sering dirasakan.

Sahabat bisa memulai kebiasaan baru yang baik dengan melakukan Body Scan, tidak hanya sehat secara jasmani, tapi dengan body Scan akan membuat mental juga lebih sehat. Dengan cara ini, Body Scan bekerja untuk memutus siklus ketegangan fisik dan psikologis. Body Scan mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat khusus, berikut cara melakukan Body Scan.

Cara melakukan Body Scan

Carilah tempat dan posisi yang nyaman  sebelum memulai Body Scan, kamu bisa duduk bersandar, bisa dengan berbaring atau dengan menyilangkan kaki. Ketika posisi sudah nyaman, mulai lakukan langkah dibawah ini:

  1. Berbaring lebih disukai, terutama jika Sahabat melakukan meditasi Body scan sebelum tidur. Jika itu tidak memungkinkan atau nyaman, duduk dengan nyaman juga merupakan pilihan.
  2. Ambil beberapa napas dalam-dalam. Biarkan pernapasan Sahabat melambat, dan mulailah bernapas dari perut, bukan dari dada, biarkan perut terasa mengembang dan berkontraksi dengan setiap napas. Jika Sahabat merasakan bahu naik dan turun dengan setiap napas, lebih fokus pada pernapasan dari perut, seolah-olah balon mengembang dan mengempis di perut dengan setiap napas. Untuk latihan lebih lanjut, cobalah latihan pernapasan ini.
  3. Bawa kesadaran ke kaki Sahabat. Sekarang perlahan-lahan bawa perhatian ke kaki. Mulailah mengamati sensasi di kaki telapak kaki. Jika Sahabat melihat rasa sakit, akui itu dan setiap pikiran atau emosi yang menyertainya, dan bernafaslah dengan lembut melaluinya.
  4. Tarik napas dalam ketegangan. Jika Sahabat merasakan sensasi yang tidak nyaman, fokuskan perhatian pada rasa tidak nyaman itu. Bernapaslah ke dalamnya, dan lihat apa yang terjadi. Visualisasikan ketegangan meninggalkan tubuh Sahabat melalui nafas dan menguap ke udara. Lanjutkan ketika Sahabat merasa siap.
  5. Pindai seluruh tubuh Anda. Lanjutkan latihan ini dengan setiap area tubuh Anda, secara bertahap bergerak ke atas melalui kaki Anda sampai Anda mencapai bagian atas kepala Anda. Perhatikan bagaimana perasaan Anda dan di mana Anda menahan stres Anda. Jika ada rasa sesak, sakit, atau tertekan, lanjutkan bernapas ke dalam rasa sesak, sakit, atau tekanan yang Anda rasakan. Ini dapat membantu Anda melepaskan ketegangan di tubuh Anda sekarang, dan lebih menyadarinya di masa depan sehingga Anda dapat melepaskannya juga.

Begitulah tips untuk melakukan Body Scan. Semoga sahabat bisa melakukan Body Scan ini dan bisa menjadi lebih baik kedepannya!

Artikel Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu