Cara Merawat Sprei Agar Tetap Awet!

Selain kasur yang empuk dan nyaman, sprei juga tidak kalah penting dalam mempengaruhi kenyamanan tidur kalian. Sprei yang nyaman akan membuat tidur kalian menjadi lebih nyenyak dan bermimpi indah. Tapi, pastinya ada masa di mana kalian merasa sprei yang kalian tiduri terasa tidak nyaman. Bisa jadi itu merupakan hasil dari kesalahan merawat sprei! Simak tips di bawah untuk mengetahui cara merawat sprei supaya awet dan tetap nyaman.

Sumber: Freepik

1. Cuci Sprei Setelah Dibeli

Meski terlihat bersih, sprei yang baru dibeli tetap saja perlu untuk dicuci. Sama seperti baju dan pakaian dalam yang baru kalian beli, akan ada debu atau kotoran yang tidak bisa kita lihat namun dapat mengganggu kesehatan kulit. 

Maka dari itu, akan lebih baik untuk kita mencuci sprei sebelum digunakan agar dapat dipastikan kebersihannya.

2. Rutin Mencuci Sprei

Hasil studi dari New York University School of Medicine mengatakan bahwa ada baiknya sprei kasur dicuci setiap 1 minggu sekali atau maksimal 2 minggu sekali. Dengan begitu, sprei kasur akan menjadi bersih dan terhindar dari bahaya tungau, bakteri, dan kutu yang dapat mengganggu pernapasan. 

Namun, masalah ini dapat diminimalisir dengan kasur yang non-allergic microbe/fungi seperti kasur dari American Pillo.

3. Jangan Menggunakan Pemutih

Meskipun pemutih pakaian banyak digunakan untuk membersihkan noda membandel, sebaiknya tidak digunakan untuk sprei kasur. Kandungan dari pemutih dapat memudarkan warna sprei kasur dan merusak seratnya. Selain itu, sprei kasur pun bisa saja menjadi mudah sobek dan rusak. 

Oleh karena itu, jangan pernah mencuci sprei kasur dengan pemutih. Jika ada noda, bersihkanlah titik noda tersebut dengan deterjen sebelum mencuci keseluruhan sprei.

4. Gunakan Temperatur Air yang Tepat

Jika kalian masih menggunakan air panas untuk mencuci dengan harapan akan membersihkan noda, segera ganti kebiasaan tersebut jika mencuci sprei. Faktanya, air dengan suhu tinggi dapat membuat serat kain rusak. Temperatur yang paling pas untuk mencuci sprei adalah 50-60 derajat celcius. 

Selain temperatur air yang perlu diperhatikan, mengeringkan sprei kasur pun disarankan untuk tidak menggunakan pengering yang dapat merusak sprei kasur. Pilihan terbaik adalah untuk diangin-anginkan agar kualitas warna dan bahan sprei tetap terjaga kualitasnya. Jika kalian ingin menjemurnya, carilah tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.

Sumber: Freepik

Penutup

Jadi, selain kasur yang perlu dijaga, sprei pun sebaiknya perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar kualitasnya tetap yang terbaik. Setelah mengetahui cara merawat sprei dengan baik, jangan kembali ke kebiasaan yang lama ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Menu
Open chat
1
Halo kak
Ada yang bisa kami bantu?