Tidur merupakan salah satu kebutuhan setiap orang tidak terkecuali bayi yang masih kecil. Umumnya bayi memiliki jam tidur yang lebih panjang dari pada orang dewasa sehingga harus sangat diperhatikan mulai dari tempat tidurnya yang lebih baik menggunakan kasur kesehatan untuk bayi.

Ada beberapa hal yang harus dan sangat penting diperhatikan ketika bayi tidur karena apabila tidak diperhatikan dengan seksama pastinya sang bayi akan rewel di malam hari.

Ketika bayi rewel, Anda sebagai orang tua harus sigap mulai dari memberikannya susu atau mengganti popok dan celananya yang sudah terkontaminasi dengan kotoran.

Agar bayi tidak rewel saat tidur, beriktu beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai orang tua.

1. Mandikan Bayi sebelum Tidur

Sebelum tidur, biasakan bayi sudah mandi atau diseka terlebih dahulu dengan air hangat yang dicampur dengan pembersih khusus bayi.

Rasa lengket dan tidak nyaman pada bagian tubuhnya akan membuatnya lebih terlelap dan merilekskan tubuhnya sehingga bisa lekas mengantuk dan tidak menangis di malam hari.

2. Minum Susu

Umumnya tangisan bayi di malam hari disebabkan karena perutnya lapar sehingga susu menjadi salah satu asupan yang sempurna untuk sang buah hati.

Agar tidak rewel, sebaiknya Anda sellau sedikan susu untuk bayi Anda atau berikan dia ASI terlebih dahulu padanya sehingga ia merasa kenyang dan bisa tidur lebih nyenyak.

3. Aromatherapy

Aromatherapy yang khas dan aman bagi sang buah hati dapat membuatnya tidur lebih pulas di malam hari. Anda sebagai orang tua dapat meletakan Aromatherapy di sudut kamar bayi dengan aroma yang aman seperti Lavender.

4. Ditemani saat Tidur

Jika Anak-anak selalu menjadikan Mainan atau Boneka sebagai Partner ketika tidur, makan bayi yang masih kecil pun harus membutuhkan Partner ketika terlelap yaitu Anda sebagai orang tua.

Orang tua khususnya Bunda, harus ada di samping sang buah hati katika tidur. Namun agar lebih aman, pastikan Anda memberikan jarak yang cukup kepada bayi agar dia bisa bergerak secara leluasa dan tidak sesak.

5. Hindari Kontak Mata

Untuk membuat si kecil tidur nyenyak, hindari kontak mata saat menggendong atau menjaganya. Kontak mata umumnya dapat membuat si kecil tetap terjaga sehingga dia lebih rewel dan akhirnya menangis.

Ketika menggendongnya sebelum tertidur, pastikan Anda tidak menatapnya cukup menggendongnya sambil memberikannya susu sebagai obat tidur yang mujarab.

6. Sentuhan hangat sang ibu

Memberikan beberapa sentuhan kepada sang buah hati mulai dari kepala, lengan, hingga perut dapat membuatnya semakin nyaman sehingga cepat tertidur dengan lelap.

Untuk membuatnya terlelap dengan nyenyak, pastikan Anda memberikan sentuhan-sentuhan secara intens kepada sang buah hati hingga akhirnya ia terlelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu