Terkadang para orangtua tidak menyadari bahwa bayi pun juga dapat mengalami insomnia. Mereka berpikir bahwa bayi itu kerjaannya hanya tidur dan mudah sekali mengantuk dan tertidur. Karena hal inilah terkadang para orangtua juga tidak memperhatikan kualitas kasur bayi mereka sehingga meraka hanya membeli kasur bayi yang murah untuk bayi mereka dapat tidur.

Karena orangtua tersebut tidak menyadari bahwa insomnia dapat terjadi pada bayinya, para orangtua akan bingung ketika menghadapi bayi mereka yang tiba-tiba rewel dan menangis tanpa sebab.

Jangan khawatir, karena berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan insomnia pada balita Anda.

1.Sakit
Sakit pada bagian tubuh tertentu juga bisa membuat balita Anda sudah untuk tidur. Mungkin ada bagian tubuh dari balita Anda yang sakit akibat terlalu aktif bergerak ketika bermain. Mungkin terdapat luka akbiat kecelakaan kecil ketika bermain, misalnya kakinya tidak sengaja menendang atau sikutnya menyenggol suatu benda, sehingga sakitnya baru terasa ketika mereka hendak istirahat di rumah.

2.Takut
Rasa takut balita balita terhadap sesuatu bisa memicu susah tidur, misalnya sebelum tidur balita Anda ikut menonton acara TV yang ada unsure seram atau membuat mereka takut, sehingga terbawa dalam alam bawah sadarnya dan menyebabkan balita Anda sulit untuk tidur.

3.Waktu tidur siang yang terlalu lama
Pola dan waktu tidur siang yang salah juga berpengaruh pada waktu tidur malam balita Anda. Bila balita Anda tidur siang terlalu lama, maka otomatis di malam hari mereka akan sulit untuk tidur karena mereka sudah cukup puas tidur pada siang harinya.

4.Terlalu lelah
Terlalu lelah adalah penyebab umum terjadinya susah tidur pada balita. Mungkin mereka terlalu aktif di siang hari, terutama pada anak yang sudah pra sekolah. Balita Anda mungkin saja menikmati waktu bermain dan belajar bersama teman-temanny di pre-schoolnya, sehingga begitu sampai di rumah balita Anda merasa terlalu lelah sehingga membuat mereka akan sulit tidur pada malam hari.

5.Rasa bosan
Pada saat usia balita, mereka selalu ingin mengeksplore pengalaman baru yang akan menambah wawasan dan pengetahuan mereka. Balita mudah sekali merasa bosan dengan rutinitas, mungkin mereka merasa bosan dengan kegiatan bermain dan belajar di pre-schoolnya. Rasa bosan pada balita dapat membuat mereka sulit untuk tidur.

Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, diharapkan Anda sebagai orangtua dapat menjaga penyebab-penyebab tersebut terjadi pada balita Anda sehingga balita Anda akan dapat tidur dengan nyenyak di malah hari dan Anda tidak akan terganggu kesehatan Anda dan balita Anda karena kurang tidur. Dan ingat, jangan lupa untuk membeli sebuah kasur bayi yang berkualitas yang dapat menunjang kualitas tidur balita Anda. Jangan hanya membeli kasur bayi yang murah saja yah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu