Ketika sedang tidur, banyak masalah kesehatan yang mendera banyak orang, salah satunya adalah mendengkur. Bagi beberapa orang baik tua, muda, gemuk, kurus, pria bahkan wanita menjadikan Mendengkur sebagai musuh terberat karena menghasilkan suara yang mengganggu.

Mendengkur banyak diakibatkan oleh beberapa faktor mulai dari faktor kesehatan, ketidakstabilan kondisi badan hingga kurangnya tidur setiap harinya. Meskipun begitu, Mendengkur bisa diatasi dengan melakukan pola hidup sehat dan mengganti kasur yang lebih sehat yang bisa di dapatkan di toko beli kasur murah.

Berbicara tentang Mendengkur, masalah kesehatan ini bukanlah sebuah masalah sepele karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang sangat parah bagi si penderitanya.

Berikut beberapa gangguan kesehatan akibat mendengkur yang perlu Anda ketahui.

1. Tekanan darah tinggi

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa gangguan tidur termasuk mendengkur adalah salah satu penyebab utama dari hipertensi atau tekanan darah yang semakin tinggi.

Peningkatan tekanan darah berkaitan langsung dengan derajat keparahan sleep apnea termasuk mendengkur. Semakin parah dan keras dengkuran yang Anda alami setiap malam, semakin berat juga peningkatan tekanan darah yang terjadi.

2. Stroke

Mendengkur ternyata dapat meningkatkan seseorang terkena resiko penyakit yang menjadi penyebab kematian nomer 3 di Amerika pada tahun 2005 yaitu Stroke.

Mendengkur dapat meingkatkan kekentalan darah pada si penderita, dimana kondisi inilah yang menjadi penyebab utama bersarangnya penyakit stroke pada tubuh seseorang.

3. Depresi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa depresi sering terjadi pada mereka yang sering mengalami dan menderita gangguan saat tidur mulai dari Insomnia hingga Mendengkur.

Satu dengkuran ringan saja bisa meiningkatkan resiko terkena depresi mulai dari yang bersifat ringan hingga yang bersifat besar. Peningkatan risiko depresi akan naik seiring dengan peningkatan derajat keparahan henti nafas yang dialami saat tidur melanda.

4. Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di Amerika pada tahun 2005. Mendengkur dapat meningkatkan berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan denyut jantung mulai dari resiko denyut jantung yang tidak beraturan, penyakit jantung koroner, serangan jantung dan penyakit jantung kongestif.

Sebuah penelitian di tahun 2006 yang diungkapkan dalam Journal of the American College of Cardiology menyebutkan bahwa smendengkur bahkan dapat mempengaruhi bentuk jantung seseorang.

5. Kerusakan jaringan otak

Penelitian di jurnal Sleep tahun 2008 memberikan gambaran pencitraan otak yang membuktikan kerusakan permanen pada otak yang menderita gangguan saat tidur termasuk mendengkur.

Gangguan tidur yang sangat parah dapat membuat kerusakan mulai dari bagian otak yang mengontrol ingatan, emosi hingga tekanan darah yang mengalir ke jaringan otak.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang dapat dialami oleh seseorang yang terkena masalah saat tidur termasuk mendengkur. Mulailah merubah pola hidup Anda mulai dari sekarang, agar tidak terjadi masalah saat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu